Wednesday, April 05, 2006

Universal Grappling dan Submission Wrestling

Selamat datang ke dalam blog kami.

Universal Grappling adalah klub latihan olah raga Submission Wrestling/Grappling. Misi kami adalah untuk mengembangkan ilmu olah raga submission wrestling di Indonesia.

Mengapa Submission Wrestling?

Olah raga ini termasuk jenis olah raga bela diri gulat dimana tujuan permainannya adalah untuk mendapatkan 'submission' (membuat lawan menyerah dengan memberikan tanda 'tap out'). 'Wrestling/Grappling' artinya tidak diperbolehkan untuk melakukan tinju, tendangan, sikutan, dan serangan2 benturan lainnya; melainkan para petarung harus menggunakan usaha pelumpuhan hingga lawan menyerah. Dengan kata lain, Submission Wrestling adalah Mixed Martial Arts minus serangan pukulan.

Mengapa Submission Wrestling/Grappling sangat menarik? Memang di Indonesia baru mulai, tapi di luar negri sudah banyak peminatnya karena:


  1. Peraturan pertandingan Submission Wrestling relatif bebas dari larangan maka sangat dimungkinkan diadunya para petarung dari disiplin ilmu grappling yang berbeda, contoh: Greco Roman vs Judo, Brazilian Jiujitsu vs Sambo, Judo vs Aikido, dsb.
  2. Bagi petarung lebih aman dibanding dengan Mixed Martial Arts. Lebih aman dari segi kemungkinan gegar otak dan cidera lainnya.
  3. Para grappler diperbolehkan menggunakan pakaian yang mereka anggap cocok untuk gaya grappling mereka. Jadi petarung diperbolehkan menggunakan: Gi (kimono yang digunakan di Judo dan Jiujitsu), baju gulat, hakama (aikido), rash guard (baju khas submission grappling dan juga digunakan dalam surfing), kaos oblong, T-shirt, dsb. Ini menyebabkan lebih adanya elemen gaya hidup (lifestyle) yang lebih trendi bagi para penggemarnya.
  4. Pertandingan Submission Wrestling lebih bertempo tinggi dibanding dengan pertandingan gulat lainnya yang menggunakan pakaian yang tebal (seperti Brazilian Jiujitsu).
  5. Merupakan dasar yang kuat bagi para petarung yang ada rencana untuk meniti karirnya di dunia Mixed Martial Arts.

Yang dilatih di Universal Grappling

Tujuan utama dari Submission Wrestling adalah mengalahkan lawan dengan pelumpuhan. Banyak cara untuk melumpuhkan lawan (baik pada saat lawan berdiri maupun saat di tanah). Karena faktor mobilitas pada saat pertarungan berdiri, maka akan sangat sulit bagi para petarung untuk bisa melumpuhkan lawan selama kedua kaki lawan masih berdiri. Mengingat hal ini, maka strategi yang umum diadopsi oleh seorang submission grappler adalah untuk membawa perkelahian ke tanah dimana ruang gerak untuk melepaskan usaha pengkontrolan dan pelumpuhan jauh lebih terbatas.

Atas dasar itulah maka kami melatih ilmu2 yang terbaik dari berbagai macam ilmu grappling seperti:

  1. Brazilian Jiujitsu, yang terkenal akan gulat tanahnya (95% dari waktu latihan BJJ disisihkan untuk perkelahian di tanah). Untuk alasan ini, maka sebagian besar dari waktu latihan kita akan difokuskan untuk menguasai pergulatan di tanah
  2. Greco Roman Wrestling, terkemuka akan kemampuan clinch (mendominasi poros tengah lawan pada saat berdiri
  3. Freestyle Wreslting, yang tersohor dengan jenis2 bantingannya
  4. Sambo (gulat Rusia), yang merupakan ensiklopedi berbagai macam pelumpuhan sendi, khususnya kuncian2 kaki
  5. Catch as Catch Can (gulat tradisional Amerika Serikat), yang juga merupakan kamus pelumpuhan seperti gulat Rusia
  6. dsb, tanpa bermaksud untuk merendahkan atau menyinggung ilmu gulat lainnya kami juga terbuka untuk mengadopsi ilmu lain diluar yang dijelaskan diatas

Di masa datang, kami akan menulis topik2 lain yang berhubungan dengan olah raga Submission Wrestling seperti metode latihan, teknik, taktik, strategi, dst.

17 comments:

mixedFighting said...

Ini yg ditunggu-tunggu.....! Akhirnya nongol juga pak. Saya pemberi komentar pertama...mustinya dapat hadiah ya...? Misalnya latihan gratis selama 1 tahun.... he he he he.... becanda pak! Selamat datang di dunia blogging. Kami tunggu post berikutnya pak.
Salam,
Herry R Munadji

mixedFighting said...

Pak, kalo boleh dikasih koleksi foto2 yang banyak ya...., biar tambah seru! Plus blog header-nya dipajangin foto ato logo klub pasti lebih heboh tuh (maaf ini pengunjung blog rewel sekali ya)

erynugroho said...

Selamat atas lahirnya weblog Universal Grappling. Makin banyak bloggers, makin rame, makin seru, makin banyak informasi. Sukses!

NagaGaban said...

Ditunggu buka cabang di balikpapan deh....

tigerwoods said...

Sorry nggak bisa ikutan partisipasi di acara Roy Harris, sibuk berat boss, btw, kapan diadakan SW 2? DVD SW1 sudah dipasarkan?

Universal Grappling said...

Untuk cabang di kota lain, begini ... karena kami bukan merupakan klub komersial, jadi kami tidak mampu mengirim pelatih untuk pindah ke kota baru. Yang bisa kami lakukan adalah untuk melatih orang2 yang memang serius mau belajar di kota2 yang sudah ada tempat latihan klub kami. Sebenarnya klub BJJ Generations di Surabaya juga sedang mempelajari materi grappling kami. Bagi yang tertarik untuk belajar ilmu kami bisa menghubungi kami melalui email mengenai detilnya.

Pertandingan Submission Wrestling selanjutnya sedang dalam proses perencanaan. Akan kami komunikasikan bila sudah lebih matang.

Mengenai video pertandingan SW 1 tahun 2005, kami harus minta maaf karena kami belum selesai mengedit video2 tersebut.

Universal Grappling said...

Oh ya, mengenai logo Universal Grappling ... klub kami memang belum menemukan ide untuk logo tersebut yang baik itu seperti apa. Ada saran dari anda2 sekalian?

mixedFighting said...

Ada pak.....! maksud saya , just let us know "misi" dan "visi" dari klub UG, nanti di-"sayembarakan" ke para blogger biar pada bikinin, terus diseleksi bersama. Biar seru kayak reality show begitu! Paling tidak pesertanya sudah ada satu......, saya sendiri... :-) Serius bos!

Universal Grappling said...

Misi kami adalah untuk mengembangkan ilmu submission wrestling/grappling yang memfokuskan kepada gerakan2 grappling yang universal. Maksud universal disini adalah gerakan2 yang tidak memerlukan kemampuan atletis yang tinggi atau kelenturan yang tinggi. Jadi maksudnya orang biasa2 saja juga bisa melakukan (baik dari orang tinggi, gemuk, pendek, kurus, ringan, kecil, dsb). Banyak sekolah grappling yang lainnya mengajarkan gerakan2 yang lebih mudah kalau kita memiliki ciri tubuh atau kelebihan tertentu. Kami mencoba untuk mengembangkan yang bisa dikerjakan oleh orang umum.

Visi ... wah, karena kami sendiri sebetulnya tidak komersial, jadi visi tidak pernah kami pikirkan secara matang. Yang jelas kami tidak tertarik untuk memiliki murid sebanyak2nya dan kami juga tidak tertarik untuk menjadi klub paling besar di Indonesia. Bagi kami kualitas grappler kami yang paling penting.

Semoga membantu.

mmafreaks said...

Pak martin kan pernah belajar kuntao,taekwondo,silat,tinju,gulat dan BJJ.Sampe sekarang yg masih dilatih yang mana?Saya lihat kok cenderung ke grappling,kenapa?Dari begitu banyak disiplin ilmu bela diri,mana yg paling efektif utk fight?

Universal Grappling said...

Bela diri yang masih saya latih adalah: brazilian jiujitsu, gulat, tinju (dan sedikit kickboxing), dan arnis (bela diri filipina yang menggunakan pentungan rotan atau pisau. bisa juga dibilang: MMA + pentungan). Oh ... saya juga kadang melatih: 'langkah seribu', 'timpuk batu', dan 'negosiasi'. Ketiga yang terakhir ini juga bisa dibilang bela diri juga lho. Malah saya lihat yang bisa menyelamatkan diri kita dari bahaya adalah negosiasi.

Di masa depan, saya akan menulis lebih banyak mengenai artinya 'bela diri'.

Salam

Universal Grappling said...

Saya suka grappling karena 'olah raga' ini bisa saya lakukan setiap hari tanpa cidera (saya latihan grappling setiap hari tanpa cidera yang berat).

Sandy Universal said...

Pak.. kapan main ke semarang lagi... kami dari gor djarum semarang butuh banyak bimbingan bapak...
and saluut waktu bpk meng armbar petarung dari lindu aji

Anonymous said...

Enjoyed a lot! » »

Toper said...

Boleh follow blognya y? Menambah Info saya yg sedang belajar menjadi grappler...

Anonymous said...

Pak,latian greco roman di surabaya dimana saja ya?
mohon dibagi infonya terima kasih
moshirobby92@yahoo.com

dijah mahar said...

Biaya biaya perbulan? Ada kontak/ WA kah?